TKA Nurul Islam Kunjungi Kebon Ambu Purwakarta

info-nurulislam.or.id - Sebagai upaya dalam mewujudkan peserta didik yang mampu merefleksikan diri dengan lingkungan alam sekitar, TKA Nurul Islam mengunjungi Agro Wisata Kebon Ambu di Pusakamula, Kiarapedes, Purwakarta.

Kunjungan tersebut diikuti oleh seluruh peserta didik TKA Nurul Islam yang didampingi oleh para pembimbingnya juga para orang tua.

Kunjungan itu dimaksudkan agar anak-anak mampu mengenal beberapa tanaman yang penting untuk dipelihara juga mengajarkan kepada mereka untuk mencintai tanaman yang ada di lingkungannya.

Dari wajah mereka pun terlihat penuh keceriaan dan kegembiraan saat berada di lokasi. Selain lokasinya yang aman dan sangat ramah anak, kebon ambu merupakan lokasi yang cocok untuk dikunjungi peserta didik dalam memberikan edukasi tanaman.

Para guru memberikan arahan dan penjelasan tentang pentingnya menjaga alam terkhusus tanaman sebagai bentuk refleksi diri mencintai lingkungan alam.

Nilai estetika tanaman dan bunga juga penting diajarkan kepada usia dini. Yakni tentang bagaimana proses pembibitan, pengenalan hama dan penyakit pada tanaman, untuk kemudian diteruskan kepada budidaya tanaman bahkan penjualan tanaman yang tentu akan bernilai komersil. 

Penting juga diajarkan bagaimana mengenal karakter tanaman serta cara budidaya yang baik dan benar agar pengenalan terhadap tanaman tidak sekedar teori pembelajaran saja. Tetapi lebih kepada praktek nyata yang terlibat lebih jauh dalam aktivitas. Sebaiknya setiap sekolah menyediakan halaman khusus untuk membuat taman praktek sekolah, sebagai pengenalan lebih dekat dan nyata tentang tanaman. ***


Kang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama