Yang lalu biarlah berlalu

Membuka kembali ingatan masa lalu dan upaya berinteraksi dengannya untuk menghadirkannya kembali serta kembali menangisi tragedi-tragedinya merupakan tindakan yang bodoh lagi gila, sama dengan memupuskan harapan dan menyia-nyiakan kehidupan yang sedah dijalani. Sesungguhnya arsip masa lalu bagi orang-orang yang berakal sudah ditutup dan tidak akan dibuka kembali. Ia telah dimasukkan untuk selamanya didalam kerangkeng yang dilupakan, diikat dengan tali yang kuat di dalam penjara yang diabaikan sehingga tidak akan bebas untuk selamanya, dan telah dikunci rapat-rapat di dalam bunker sehingga tidak akan kembali melihat cahaya kembali.

Masa lalu telah berlalu dan habis waktunya; kesedihan tidak dapat mengembalikannya; kesusahan tidak dapat memperbaikinya; kegelisahan tidak dapat meluruskannya; dan kekeruhan tidak akan menghidupkannya kembali, karena semuanya telah tiada. Jangan biarkan diri anda hidup dalam bayangan mimpi buruk masa lalu yang menyekap diri dibawah naungannya.

Sesungguhnya manusia yang waras tidak akan memandang ke arah belakang. Mereka tidak akan menoleh ke arahnya, karena angin bertiup ke arah depan; air mengalir ke arah muara; dan kafilah berjalan ke depan. Oleh karena itu, janganlah anda coba-coba menentang hukum alam dalam kehidupan anda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama