Merenunglah dan bersyukurlah

Bila anda selalu mengingat semua nikmat yang telah diberikan Allah kepada anda, niscaya anda akan mendapatinya meliputi diri anda, mulai dari bagian atas hingga bagian bawah kedua telapak kaki anda, seperti kesehatan jasmani, keamanan, sandang, pangan, udara, air, dan sebagainya. allah Swt berfirman : "Dan jika kalian menghitung nikmat Allah, niscaya tidaklah kalian dapat menghitung-nya". (Q.S. 14:34).

Demikian besar nikmat Allah yang telah dianugerahkan kepada anda. Dunia ini beserta apa yang ada di dalamnya telah diciptakan untuk anda. Anda memiliki kehidupan, tetapi anda tidak mengetahuinya. "Dan Dia telah menyempurnakan untukmu nikmat-Nya lahir dan batin". (Q.S. 31:20).

Pikirkanlah pendengaran anda yang begitu peka; sesungguhnya ia terhindar dali ketulian. Renungkanlah penglihatan anda yang begitu tajam; sesungguhnya ia selamat dari kebutaan. Lihatlah kulit tubuh anda yang begitu mulus; sesungguhnya ia terhindar dari penyakit sopak dan lepra. Perhatikanlah akal anda yang begitu sehat; sesungguhnya anda beroleh nikmat dengan kesehatannya dan tidak sengsara karena menderita penyakit gila atau gangguan kejiwaan lainnya.

sesungguhnya anda berada dalam kenikmatan yang berlimpah dan karunia yang sangat besar, tetapi anda tidak menyadarinya. Oleh karena itu merenunglah dan bersyukurlah. Allah berfirman : " Dan (juga) pada diri kalian sendiri terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah, maka apakah kalian tiada memperhatikan?" (Q.S. 52:21). Pikirkanlah diri anda, keluarga anda, rumah anda, pekerjaan anda, kesehatan anda, teman-teman anda, dan dunia yang ada di sekitar anda; jangan anda seperti orang-orang yang disebutkan oleh firman-Nya : "Mereka mengetahui bahwa semua nikmat yang ada berasal dari Allah, tetapi mereka mengingkarinya" (Q.S. 16:83).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama