Profile Yayasan Nurul Islam



Sejarah Singkat
YAYASAN NURUL ISLAM AL-ARIF adalah Lembaga Pendidikan Islam yang Berbadan Hukum Akta Notaris : KUS HARIAJI,SH.SP.N No. 83 Tahun 2016 Tanggal 15 Januari 2016 SK. KEMHUMKAM : AHU-0002283.AH.01.12. Beralamat di Jl. Raya Babakan RT. 02/01 Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta - Jawa Barat, berdiri sejak tahun 1991.

Mengelola : Taman Kanak-kanak Al-Qur'an (TKQ), Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ), Madrasah Diniyah (DTA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Majlis Ta'lim (MT), Pengembangan Bakat Minat Santri (Character Building), Tahfidz-Tahsin Al-Qur'an.

Yayasan Nurul Islam Al-Arif merupakan pengembangan dari keberadaan Taman Kanak-kanak Al-Qur'an (TKQ), Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) dan Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) atau Madin, yang didirikan pada tanggal 10 September 1991 oleh H. Ade Sarifudin sekaligus sebagai pengelola. 

Sejak didirikannya sampai dengan tahun 2000 -an TKQ, TPQ, DTA Nurul Islam telah mampu menjadi solusi dari permasalahan kurangnya ilmu agama di tengah masyarakat di Babakan yang bisa membaca al-Quran. 

Namun selaras dengan perkembangan zaman sistim pembelajaran di Nurul Islam yang konsentrasi pembelajarannya menitik beratkan pada kemampuan masyarakat dalam membaca al-Quran dirasa perlu inovasi baru untuk menjawab permasalahan masyarakat yang semakin komplek. 

Bahkan anak-anak selepas lulus dari Sekolah Dasar sudah tidak mau lagi berangkat mengaji ke Nurul Islam, salah satu alasan yang sering muncul adalah mereka malu karena sudah merasa “besar” dan tidak sedikit pula yang mengatakan “wah buat apa, ngajinya cuma iqra sama Quran terus, bosen!. 

Memperhatikan permasalahan yang dihadapi tersebut, dan beberapa masukan baik dari elemen masyarakat, wali santri maupun para alim serta beberapa diskusi sesama pendidik baik yang berasal dari lembaga Nurul Islam maupun dari luar, ditambah lagi dengan berhasilnya program semi Madrasah Ibtidaiyah (MI/SD) yang diterapkan sejak awal tahun 1998 (terlihat dari meningkatnya kehadiran dan antusias santri), maka terlahir pemikiran dan niat untuk mendirikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang diharapkan dapat menjawab permasalahan yang ada.

Kemudian pada tanggal 12 Juli 2019 dibentuklah Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam. Dan alhamdulillah, saat ini dengan doa dan dukungan semua pihak, Nurul Islam dengan sistim dan pengelolaan yang terukur dan terstruktur dapat diterima oleh masyarakat Kecamatan Wanayasa Purwakarta khususnya dan masyarakat sekitar.

Visi
  • Mewujudkan Lembaga Pendidikan Islam yang unggul dan kompetitif dengan berlandaskan al-qur'an  dan as-sunnah.

Misi
  • Menyelenggarakan Lembaga Pendidikan Islam dengan sistem integral dalam aspek intelektual, mental spiritual dan life skills sehingga dapat melahirkan siswa muslim yang taqwa, cerdas dan mandiri.
  • Menyelenggarakan pendidikan agama islam dalam kerangka membentuk insan  yang memiliki dasar-dasar al-qur'an dan as-sunnah.
    Lebih baru Lebih lama